27 Mei 2009

Tips Menghindari Penipuan di Internet

Bagi anda yang senang menjalankan bisnis online, mungkin beberapa kali anda pernah tertipu. Ada banyak website-website SCAM atau penipu di luar sana yang menjanjikan uang secara cepat dan dalam jumlah yang WAH!

Pada artikel saya kali ini, saya akan mencoba untuk memberikan tips menghindari penipuan di internet agar berdasarkan pengalaman saya selama ini menjalankan bisnis online. Kata kuncinya sebenarnya hanya satu: Pakai Logika anda. Berikut tips dari saya:

Lupakan bisnis yang menjanjikan keuntungan tidak masuk akal secara cepat dan modal sedikit.
Para penipu-penipu online menyadari bahwa salah satu cara paling efektif bagi mereka menjalankan penipuan adalah dengan menjual mimpi, salah satunya adalah menawarkan model-model investasi/menjual ebook dengan harga beberapa ratus ribu dan di janjikan akan menghasilkan jutaan dalam jangka waktu tertentu. Menurut pengalaman saya berbisnis secara online, program-program seperti ini hampir 90 % merupakan penipuan. Kebanyakan adalah sebuah money game/arisan berantai dimana suatu saat bisnis seperti itu akan jatuh dan ujung-ujungnya penipuan (contoh: asiabersama). Jika ada member yang di bayar, itu hanya untuk menarik lebih banyak korban saja. Misalkan kita investasi 200 ribu, kemudian mereka membayar anda sekian juta, nah karena banyak orang yang senang dan yakin bahwa mereka benar-benar membayar maka kebanyakan akan menanamkan investasi lebih besar lagi dengan harapan akan mendapat hasil yang besar pula, sampai akhirnya mereka menyadari kalau semua sudah terlambat... Saya memiliki kawan yang orangtuanya kehilangan hampir USD $50.000 karena di tipu model bisnis seperti ini. Jadi berbisnis online pun harus realistis!


Cari referensi melalui google tentang situs tersebut.
Google akan sangat membantu ketika anda ingin mencari tahu apakah sebuah bisnis online itu penipuan atau bukan. Misalkan anda melihat sebuah situs bernama http://www.bisnis500triliun.com, anda tinggal memasukan keyword "[situs yang di maksud] menipu" atau kalau website asing "[situs yang di maksud] SCAM" maka anda akan melihat berbagai postingan/artikel/blog yang membahas tentang penipuan yang dilakukan (Jika ada). Hal ini akan sangat membantu sebelum anda memutuskan untuk bergabung dan menjalankan bisnis online tertentu.


Hati-hati testimonial palsu
Anda mungkin pernah melihat sebuah situs bisnis online dengan puluhan bahkan ratusan testimonial yang menyatakan bahwa situs tersebut benar-benar ok dan menghasilkan, saran dari saya adalah perhatikan kata-kata di testimonial tersebut, jika kebanyakan gaya bahasanya sama maka mungkin situs tersebut adalah SCAM. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah apakah ada sumber dari testimonial tersebut (misal website/email), kalau tidak ada atau di tutup2i, maka bisa saja sang webmaster tersebut bikin testimonial sendiri! Testimonial palsu banyak pula yang di buat di blog-blog semacam blogger.com.
Ciri-cirinya adalah postingan di blog tersebut hanya ada satu yaitu memuji situs tertentu secara berlebihan! Logikanya mana mungkin ada orang yang mau bikin blog hanya untuk bikin sebuah testimonial! apalagi cuma 1 post. Jika anda menemukan hal seperti ini maka saya sarankan anda tidak perlu bergabung dengan situs "menipu kuadrat" tersebut (Menipu dengan membuattestimonial palsu untuk Menipu kembali melalui program yang mereka tawarkan).


Lakukan diversifikasi
Tidak ada yang pasti di dunia ini termasuk di dunia maya. Saya sarankan anda untuk membuat diversifikasi bisnis online. Jangan hanya mengandalkan satu sumber penghasilan saja karena situs yang tadinya jujur bisa jadi besok membawa kabur semua uang anda. Intinya jangan serakah dan lakukan research terhadap peluang bisnis baru. Dengan melakukan diversifikasi maka jika anda kena tipu maka ada bisnis anda yang lain yang mungkin bisa menutupi kerugian yang anda derita.


Sebisa mungkin gunakan pembayaran cash jika berbelanja online/COD
Kalau suatu ketika anda ingin membeli sebuah barang secara online, usahakan agar anda melakukannya secara cash atau COD (Cash On Delivery). Kita tidak akan pernah tahu sang penjual itu jujur atu tidak, bisa saja tadinya jujur tapi karena kebutuhan mendadak jadi menipu, who knows? Atau kalau opsi cash tidak dapat dilakukan anda bisa menggunakan fasilitas rekening bersama seperti yang ada di forum jual beli kaskus, hal ini akan meminimalisir resiko SCAM.

Akhir kata hanya andalah yang bertanggung jawab terhadap semua resiko di dunia maya. Terburu-buru dalam menjalankan bisnis yang belum jelas keabsahannya bisa membuat anda menyesal di kemudian hari. Melakukan riset simple seperti yang saya sebutkan di atas dapat menyelamatkan uang anda dari tangan-tangan kotor para penipu online. Semoga artikel saya ini bermanfaat bagi anda sekalian yang baru mengenal dunia bisnis online.

0 komentar: